Rabu, 09 Januari 2013

Tahapan Dakwah PKS dalam Mewujudkan Khilafah Ala Minhajin Nubuwah


konsep PKS dalam mewujudkan Khilafah saya ringkas dalam tulisan berikut:

PKS kini dalam tahapan Ishlahul Hukumat dari 6 tahapan IQOMATUL KHILAFAH menuju USTADZIATUL 'ALAM (menjadi soko guru/penguasa dunia)

1. Tahap Pertama
Tarbiyah/­Takwin Syakhsiyah Islamiyah...

Atau membentuk kepribadian muslim dalam setiap person yang menyatakan dirinya muslim. Tahapan ini terus berlangsung dan tidak boleh berhenti. Dalam mihwar tarbawi ini semua kader PKS menerapkan kaidah ASHLIH NAFSAK WAD'U GHOIROK (perbaiki dirimu dan ajak orang lain agar menjadi baik)

Nah kader PKS yang sekarang jadi RT dalam tahap ISHLAHUL HUKUMAH di tataran paling rendah. Disamping itu, kader PKS yang jadi RT juga melakukan Mihwar Tarbawi dan Mihwar Sya'bi yaitu membangun MUJTAMA MUSLIM yg dalam tahapan dakwah PKS masuk dalam tahapan ketiga.

2. Tahapan kedua

BINA AL USROH AL MUSLIMAH
membangun keluarga islami.

setelah banyak kader2 yg memiliki syakhsiyah islamiyah, tentunya mereka tidak bisa hidup sendiri. Mereka harus berkeluarga.
Keluarga Islami harus di bangun oleh pribadi2 yg islami. Sehingga kelak keturunan dari keluarga kader PKS menjadi dzurriyah shalihah.

3. Tahapan Ketiga

BINA AL MUJTAMA' AL MUSLIM
rekontruksi masyarakat muslim.

para kader PKS yg sdh berkeluarga harus dpt membangun komunikasi dg tetangga dan masyarakat lingkungan yg terdkat dg rumahnya.

Rasulullah berpesan aljar qabla addar. Tetangga sblm rumah. Sehingga begitu penting rekontruksi lingkungan agar islami.

Pd thapan ke 3 inilah kader2 PKS melakukan dakwah tahap yg pertama, yaitu membentuk stiap pribadi yg ada pd masyarakat agar di TAKWIN menjadi SYAKHSIYAH ISLAMIYAH.

oleh krn itu, dlm tahapan ke 3 ini kader2 PKS d dorong menjadi ketua RT, RW, KETUA DKM MASJID, KARANG TARUNA, LSM DI LINGKUNGAN, KETUA MAJELIS TA'LIM.

smua d lakukan agar ada akselerasi dlm NASYRUL FIKROH. Sehingga pembentukkan SYAKHSIYAH ISLAMIYAH dan USROH MUSLIMAH berkesinambunga­n dan tdk terputus ketika harus pindah ke tahapan berikutnya

4. Tahap keempat.

ISHLAHUL HUKUMAH
memperbaiki sistem pemerintahan.

inilah yg d sebut dlm PKS dg Mihwar Muassasi. Dakwah kelembagaan negara. Belum msk dlm tahap kelima IQOMAH AD DAULAH AL ISLAMIYAH.

tahap keempat kader PKS yg d tugaskan dlm ISLAHUL HUKUMAH harus bekerja keras memperbaiki sistem yg sdg berjalan.

utk thapan ini sangat berat. Krn kader PKS hanya 1 digit dr 250jt rakyat Indonesia. Tdk semua persönil birokrasi kader PKS. Bahkan dr 1 kementrian yg diamanahkan kpd kader PKS dan karyawannya jutaan, kader PKS nya tdk lebih dr 20 org.

dlm ishlahul hukumah jg sangat berat krn bnyak org2 baik yg non PKS tersingkir atau karirnya mandeg krn d hambat oleh birokrat busuk. Disinilah PKS menggandeng birokrat baik dalam bingkai kaidah NATA'AWAN FIMAT TAFAQNA, WA NA'TADZIRU BA'DHUNA BA'DHON FIIMAKHTALAFNA,­ bekerjasama dlm kebaikan yg d sepakati.

5. Tahap kelima

IQOMAH AD DAULAH AL ISLAMIYAH.
mendeklarasikan­ negara islam.

dr tahap ke 4 menuju 5 tdk mudah, krn kekuatan kafir global akan turut bermain menjegal masyru islami/agenda islamisasi.

Kader2 PKS yg di tugaskan d lembaga negara berjuang agar nilai2 islam menjadi hukum positif. Bila d perlukan, kader2 PKS non parlemen akan buat aksi ekstraparlement­er utk dukung kader PKS yg ada d parlemen.
Gerakan ekstraparlement­er tdk serta merta pakai nama PKS, bs dg lembaga2 yg d kelola kader PKS.

deklarasi daulah islamiyah sangat tergantung dr strategi dan rencana global. Yg lbh penting dlm deklarasi daulah islamiyah adalah AL WA'YU AL ISLAMI masyarakat secara umum.

dapatkah daulah islamiyah d tegakkan tanpa dukungan kesadaran berislam masyarakat???

Saya cukupkan sampai 5 dulu kang luthpi, tahap ke enam adalah USTADZIATUL 'ALAM menjadi soko guru dunia dg kembali tegaknya sistem KHILAFAH ALA MINHAJIN NUBUWAH, kekhilafahan yg berdasarkan metode kenabian, bukan KHILAFAH DG METODE NABHANI

Sebetulnya antara tahap 5 dan 6 harus ada 1 thap lg sblm mencapai ustadziatul 'alam dan khilafah ala minhajin nubuwah.

Yaitu:
TAHRIRUL WATHON ISLAMI.
Membebaskan/­memerdekakan negeri2 islam yg terjajah.

sehingga pd saat kembali pd sistem khilafah ala minhajin nubuwah, negeri2 islam sdh jd kekuatan baru.

menurut saya yg paling sulit adalah takwin syaksiyah islamiyah yg mumpuni agar kader yg dilepas ke lapangan tangguh, medan berat lainnya adalah saat ishlahul hukumah, krn kita harus berjibaku dg berbagai kalangan dan harus memahami berbagai disiplin ilmu agar UU yg di produksi matang.

7 komentar:

  1. ngomongin metode dakwah apa ngomongin Hizbut Tahrir?

    BalasHapus
  2. beda kali pak metode sama tahapan ? Diataskan bicara tahapan.. Bukan metode.. , bicara HTI dan PKS memang metode nya berbeda.. Tapi kalo tahapannya sama.. Kayaknya gak ada yang salah ya?

    BalasHapus
  3. Khilafah yang Anda bangun pun, khilafah ala PKS yaa???

    BalasHapus
  4. Khilafah yang Anda bangun pun khilafah ala PKS yaa???

    BalasHapus
  5. "... (yg saya tau Fatwa HT/HTI menghalalkan film/gambar porno)..." , harap dihapus kalimat ini supaya tidak terjadi perpecahan yang semakin besar diantara ummat :)

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Khilafah Ala Minhajinnubuwah benar bisa ada jaman sekarang??? Lah Nubuwah nya yang mana?

    BalasHapus